Manfaat Akan Teknologi Informasi dan Komunikasi Di Era Modern


Tidak bisa dipungkiri, keberadaan komputer  saat ini bukan  lagi  merupakan barang  mewah,  Alat  ini  sudah digunakan di berbagai  bidang  pekerjaan, termasuk dalam dunia pendidikan.

Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), diharapkan dapat membuat  perubahan  pesat  dalam  kehidupan  yang  mengalami  penambahan  dan perubahan dalam penggunaan beragam produk TIK.

Melalui perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi, kita bisa mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif. TIK akan memudahkan kita, mendapatkan  ide  dengan cepat dan bertukar pengalaman  dari  berbagai  kalangan.

Dengan demikian, diharapkan dapat mengembangkan  sikap  inisiatif  dan  kemampuan  belajar  mandiri,  sehingga  kita dapat  memutuskan dan  mempertimbangkan  sendiri  kapan dan dimana penggunaan TIK secara  tepat  dan  optimal,  termasuk  implikasinya saat ini dan dimasa yang akan datang.

Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan Teknologi  Komunikasi  merupakan  segala  hal  yang  berkaitan  dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

Oleh karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu  padanan  yang  tidak  terpisahkan  yang  mengandung  pengertian  luas  tentang segala  kegiatan  yang  terkait  dengan  pemrosesan,  manipulasi,  pengelolaan,  dan transfer/pemindahan informasi antar media.

Secara khusus, tujuan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah:

1.  Menyadarkan  kita akan  potensi  perkembangan  teknologi  informasi  dan komunikasi  yang  terus  berubah  sehingga  termotivasi  untuk mengevaluasi  dan  mempelajari  teknologi  ini  sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.

2.  Memotivasi  kemampuan  kita agar bisa  beradaptasi  dan  mengantisipasi perkembangan  TIK,  sehingga  bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan sehari hari secara mandiri dan lebih percaya diri.

3.  Mengembangkan  kompetensi kita  dalam  menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk  mendukung  kegiatan  belajar,  bekerja,  dan  berbagai aktifitas dalam kehidupan sehari hari.

4.  Mengembangkan  kemampuan  belajar  berbasis  TIK,  sehingga  proses  pembelajaran  dapat  lebih  optimal,  menarik,  dan mendorong  kita lebih terampil  dalam  berkomunikasi,  terampil  mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama. 5.  Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggung jawab  dalam  penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah sehari hari.

Saat ini Depdiknas  mempunyai  program  pengembangan  Teknologi Informasi dan Komunikasi  secara  besar besaran.  Ada  tiga posisi penting Depdiknas dalam program pengembangan TIK, yaitu:

1.  Bidang kejuruan, TIK menjadi salah satu jurusan di SMK. Pengembangan TIK secara  teknis  baik  hardware  dan  software  masuk  dalam  kurikum  pendidikan. Dibentuknya  ICT center di seluruh Indonesia.  Untuk menghubungkan sekolah  sekolah di sekitar ICT center dibangun WAN (Wireless Area Network) Kota.

2.  Pustekkom,  sebagai  salah  satu  ujung  tombak  dalam  pengembangan  TV pendidikan  interaktif,  E learning  dan  E SMA.  Program  ini  bertujuan  untuk mempersempit  jurang  perbedaan  kualitas  pendidikan  antara  kota  besar  dengan daerah.

3.  Jardiknas  (Jejaring  Pendidikan  Nasional),  bertujuan  untuk  mengintegrasikan kedua  program  di  atas  agar  terbentuk  sebuah  jaringan  yang  menghubungkan semua sekolah di Indonesia. Sehingga diperkirakan di masa depan semua sekolah di Indonesia akan terkoneksi dengan internet. Melihat program yang diadakan oleh Depdiknas kita bisa memanfaatkan fasilitas tersebut karena bersifat terbuka.

0 komentar:

Posting Komentar